Program S2 MPBM

Tentang Minat Studi Konsentrasi Pengolahan Bahan Mineral (MPBM)

Konsentrasi Pengolahan Bahan Mineral terbuka untuk lulusan S1 dari Jurusan Teknik Kimia dan jurusan-jurusan lain yang relevan dengan disiplin ilmu teknik kimia (misalnya teknik mesin, teknik nuklir, teknik fisika, teknik perminyakan, teknologi pertanian, farmasi, kimia murni, dan sebagainya). Calon mahasiswa dengan latar belakang S1 dari jurusan lain selain jurusan teknik kimia akan melalui tes komprehensif untuk menentukan apakah diperlukan mengikuti program matrikulasi atau penyesuaian atau tidak.

Visi dan Misi MPBM

Visi Program Magister (S2) Teknik Kimia adalah menjadi program magister terkemuka dalam riset dan perancangan pada bidang industri kimia, yang menempatkan safety, lingkungan dan enterpreneurship sebagai faktor penting pada tahun 2025.

Tujuan Minat MPBM

Lulusan dari program MPBM ini diharapkan:

  1. Mampu melakukan pendekatan fundamental berdasarkan prinsip-prinsip teknik kimia untuk aplikasi di bidang teknologi pemrosesan bahan mineral.
  2. Mampu merancang sistem pengolahan dan pemanfaatan sumberdaya mineral dengan menjunjung tinggi prinsip keberlanjutan dan keselamatan kerja, kesehatan, dan lingkungan (K3L).
  3. Memiliki kreativitas dan pengetahuan untuk memberikan nilai tambah pada sumberdaya mineral Indonesia.