Program S2 MTK

Tentang Minat Studi Magister Teknik Proses (MTK)

Konsentrasi Teknik Proses terbuka untuk lulusan S1 dari Jurusan Teknik Kimia dan jurusan-jurusan lain yang relevan dengan disiplin ilmu teknik kimia (misalnya teknik mesin, teknik nuklir, teknik fisika, teknik perminyakan, teknologi pertanian, farmasi, kimia murni, dan sebagainya). Calon mahasiswa dengan latar belakang S1 dari jurusan lain selain jurusan teknik kimia akan melalui tes komprehensif untuk menentukan apakah diperlukan mengikuti program matrikulasi atau penyesuaian atau tidak.

Visi dan Misi MTK

Visi Program Magister (S2) Teknik Kimia adalah menjadi program magister terkemuka dalam riset dan perancangan pada bidang industri kimia, yang menempatkan safety, lingkungan dan enterpreneurship sebagai faktor penting pada tahun 2025.

Misi Program Magister Teknik Konsentrasi Teknik Proses (MTK) adalah ini memberikan bekal keahlian teknik kimia yang sangat dibutuhkan di industri, sebagai research engineer, process engineer atau operating engineer. Disamping itu, keamanan proses (process safety) dan analisis resiko (risk assessment) yang pada saat ini menjadi isu penting di industri, juga ditekankan pada program ini.

Tujuan Minat MTK

Tujuan Program Magister Teknik Konsentrasi Teknik Proses (MTK):

  1. Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai research engineer atau process engineer.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki kreativitas dan pengetahuan untuk memberikan nilai tambah sumber daya alam Indonesia.
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di tingkat global, baik untuk studi lanjut maupun untuk memasuki pasar kerja.

Kurikulum dan Mata Kuliah MTK

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem semester. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester. Beban studi MTK adalah 38 SKS, termasuk 8 SKS thesis. Secara garis besar, matakuliah dikelompokkan menjadi dua, yaitu matakuliah inti teknik kimia (22 SKS) dan matakuliah keminatan (8 SKS), antara lain sebagai berikut:

Semester 1
1. Analisis Matematika Teknik Kimia (3 SKS)
2. Termodinamika Modern (3 SKS)
3. Perhitungan Komputer (3 SKS)
4. Metodologi Penelitian (2 SKS)
5. Pilihan 1 (2 SKS)

Semester 2
1. Fenomena Perpindahan ( 3 SKS)
2. Analisis Perancangan Reaktor Kimia ( 3 SKS)
3. Teknik Produk Terpadu ( 2 SKS)
4. Pilihan 2 ( 2 SKS)
5. Seminar Proposal Tesis (0 SKS)

Semester 3
1. Analisis Multiskala (3 SKS)
2. Pilihan 3 (2 SKS)
3. Pilihan 4 (2 SKS)
4. Tesis (8 SKS)