Program S2 MTPPL

Tentang Minat Studi Magister Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL)

Program Magister Pengendalian Pencemaran Lingkungan mengedepankan antar disiplin dalam bidang lingkungan secara umum. Pendekatan multidisiplin dalam kurikulum program MTPPL menekankan pada kombinasi teori dan pengetahuan praktis dari berbagai disiplin ilmu yang terkait. Untuk minat khusus, mahasiswa dapat memilih salah satu dari dua program spesialisasi, yaitu spesialisasi Manajemen Pengendalian Pencemaran dan spesialisasi Teknik Pengendalian Pencemaran.

Visi dan Misi MTPPL

Visi Program Magister (S2) Teknik Kimia adalah menjadi program magister terkemuka dalam riset dan perancangan pada bidang industri kimia, yang menempatkan safety, lingkungan dan enterpreneurship sebagai faktor penting pada tahun 2025.

Misi Program Magister Teknik Konsentrasi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL) adalah memberikan pengetahuan tentang rangkaian sebab-akibat suatu proses pencemaran, cara-cara pencegahan dan pengendalian pencemaran, dan memberikan kemampuan merancang sistem pengelolaan lingkungan, sehingga lulusannya mampu menjadi tenaga profesional yang dapat berperan sebagai agent of change di dalam masyarakat dan industri karena kemampuannya dalam melihat permasalahan pencemaran lingkungan secara holistik.

Tujuan Minat MTPPL

Tujuan Program Magister Teknik Konsentrasi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL):
  1. Menyiapkan lulusan yang mampu memecahkan permasalahan pencemaran lingkungan secara sistemik
  2. Menyiapkan lulusan yang mampu merancang sistem pengelolaan lingkungan
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki ketrampilan kognitif, profesional dan praktis dalam pencegahan, pengendalian dan pengolahan limbah
  4. Menyiapkan lulusan yang mampu menjadi agent of change di masyarakat dan industri dalam bidang lingkungan untuk pengembangan industri Indonesia pada masa depan.

Kurikulum dan Matakuliah MTPPL

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem semester. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan setiap semester. Beban studi MTPPL adalah 40 SKS, termasuk 8 SKS thesis, dengan matakuliah yang diberikan:

Semester 1
  1. Ekologi Industri (3 sks)
  2. Perancangan Proses Berwawasan LIngkungan (3 SKS)
  3. Manajemen Lingkungan (3 SKS)
  4. Pemodelan Sistem Lingkungan (3 SKS)
  5. Metodologi Lingkungan (2 SKS)
Semester 2
  1. Perancangan IPAL ( 3 SKS)
  2. Analisis Dampak Lingkungan ( 3 SKS)
  3. Analisis Resiko Industri ( 2 SKS)
  4. Teknik Pengendalian Pencemaran Air ( 2 SKS)
  5. Bioproses dalam Lingkungan (2 sks)
  6. Seminar Proposal Tesis (0 sks)
Semester 3
  1. Toksikologi Lingkungan (2 sks)
  2. Teknik Pengendalian Pencemaran Udara (2 SKS)
  3. Proses Transfer dalam Lingkungan (2 sks)
  4. Tesis (8 sks)