Tentang Program Studi S2 Teknik Kimia UGM

Program Magister Pascasarjana Teknik Kimia UGM merupakan bagian dari sistem pendidikan yang utuh (S-1, S-2 dan S-3) di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Program ini memiliki dua bidang konsentrasi, yaitu: Konsentrasi Teknik Proses (MTK) dan Konsentrasi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL).

Jurusan Teknik Kimia UGM merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik UGM yang mempunyai misi menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan berperan dalam mengubah Indonesia dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri yang tangguh. Dengan penguasaan pengetahuan fisika, kimia, matematika, dan pengetahuan keteknikan, serta kemampuan mengintegrasikannya, SDM teknik kimia dapat membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, terutama yang berhubungan dengan industri kimia. SDM teknik kimia tidak hanya dituntut untuk mampu merancang suatu proses yang feasible secara teknis dan ekonomis, tetapi juga mempunyai tanggung jawab profesi untuk merancang proses dan produk yang memberikan tingkat keamanan yang maksimal bagi internal pabrik maupun lingkungan sekitarnya.

Program Pascasarjana Jurusan Teknik Kimia UGM menyelenggarakan S2 dengan dua bidang konsentrasi, yaitu Konsentrasi Teknik Proses (MTK) dan Konsentrasi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL). Mulai tahun 2011, Program Pascasarjana Teknik Kimia UGM menyelenggarakan program Fast Track untuk mahasiswa S1 Teknik Kimia UGM yang berprestasi baik, yaitu program interkoneksi S1 dan S2.