Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia

Program Doktor Pascasarjana Teknik Kimia UGM merupakan bagian dari sistem pendidikan yang utuh (S1, S2, dan S3) di Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Visi Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia UGM adalah menghasilkan doktor yang mempunyai integritas tinggi dan wawasan nasional serta mampu menangani masalah terkini terkait teknik kimia berdasar kemampuan analisis sintesis mendalam secara mandiri dengan selalu mempertimbangkan aspek keselamatan dan ramah lingkungan. Misi Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia UGM adalah mendidik calon doktor melalui penelitian maupun analisis problem riil pabrik kimia dengan memanfaatkan teori fundamental secara holistik berdasar analisis-sintesis mendalam yang menuju ke penyelesaian masalah dan generalisasi. Atmosfer akademis diarahkan untuk mendorong pengembangan kepribadian, kemandirian dan wawasan nasional. Lulusan doktor disiapkan pula untuk memiliki kemauan dan keahlian untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam Indonesia secara berkelanjutan.

Visi dan Misi Program Doktor

Visi Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia adalah menjadi program Doktor terkemuka yang mampu menghasilkan doktor berintegritas tinggi, berwawasan nasional dan mampu menangani masalah terkini terkait teknik kimia berdasar kemampuan analisis sintesis mendalam secara mandiri dengan selalu mempertimbangkan aspek keselamatan dan ramah lingkungan.

Misi Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia adalah:

  1. Mendidik calon doktor agar mampu menguasai teori-teori fundamental teknik kimia secara holistik berdasarkan analisis-sintesis yang mendalam.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang dapat berkontribusi dalam menjawab problem riil yang relevan dengan aplikasi teknik kimia.
  3. Mengaplikasikan ilmu dan hasil penelitian untuk kesejahteraan masyarakat luas.

Tujuan Program Doktor

Tujuan Program Studi S3 Ilmu Teknik Kimia adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang penelitian, mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bidang ilmu Teknik Kimia dan mampu membangun jejaring dengan lulusan Teknik Kimia di tingkat nasional maupun internasional.